Apa RGB & CMYK di InDesign CC ?

Mode Warna

RGBRGB adalah singkatan dari Red, green and blue. Mode ini harus digunakan untuk setiap gambar yang akan ditampilkan pada layar misalnya Website & dokumen Powerpoint. Gunakan mode warna ini juga jika Sobat berencana untuk mencetak mengunakan print biasa. Seperti kebanyakan pada umumnya untuk mencetak foto dan tugas sobat dirumah atau jenis printer yang ditetapkan untuk menerima gambar RGB.

CMYK
CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) dikenal sebagai 'warna
proses'. Mode warna ini digunakan untuk pencetakan komersial. Pada kebanyakan percetakan Koran, mode ini banyak digunakan. Hal ini agar kualitas gambar pada cetakan lebih hidup. Biasanya digunakan pada Printer Laserjet. Sehingga warna yang keluar tidak sekaligus, Cyan, Magenta, Yellow dan Black akan keluar satu persatu secara terpisah. Inilah maksud dari "warna proses". Dan media yang digunakan pun bukan kertas berwarna putih tapi kertas transfaran seperti kalkir atau kertas astralon untuk proses pra cetak koran.

Pantone
Pada mode warna ini menurut saya ini yang paling complite dan sempurna dalam artian untuk sebuah percetakan koran. Mencetak dengan mode ini sama halnya dengan mode CMYK hanya saja terdapat tambahan special warna effek. Di Indonesia mode ini digunakan oleh perusahaan koran yang memiliki mesin cetak yang super mewah dengan harga Triliun rupiah. Sehingga hasil cetakannya pun memang amazing..!!! Salah satu koran yang menggunakan mesin cetak ini adalah Harian Kompas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »